Instruksi Manual Penggunaan Baterai Laptop

penggunaan baterai dan instruksi dalam menjaga baterai agar tetap awetPetunjuk keamanan ini harus dibaca dengan hati-hati dan harus sepenuhnya dipahami sebelum mencoba menggunakan atau mengutak-atik baterai laptop Anda, karena tentunya bisa membahayakan diri Anda mungkin seperti baterai meledak atau anak-anak bisa keracunan.

  • Jangan pernah membuang baterai atau battery pack ke dalam api, seperti yang dapat menyebabkan baterai kepanasan lalu meledak. Jangan pernah coba-coba memanaskan baterai, karena dapat menyebabkan kebocoran larutan alkalin atau bahan electrolytic lainnya.
  • Jangan pernah membongkar baterai, karena dapat menyebabkan kebocoran alkalin larutan atau bahan electrolytic lainnya.
  • Jangan pernah membuat rangkaian elektronik sendiri dalam hal ini memodifikasi baterai dengan tujuan apa pun atau bereksperimen menggunakan baterai dengan bahan kimia mau pun bahan logam lainnya. Hal ini dapat menyebabkan cedera pribadi, kebakaran, atau sekaligus bisa merusak baterai.
  • Pernah mengetok paku ke dalam baterai atau pun memukul baterai dengan palu. Selain itu hindarkan baterai dari injakan Anda, letakkanlah di tempat yang sejajar dengan tubuh Anda seperti Meja atau lemari
  • Selalu pastikan bahwa suhu adalah 5 sampai 35 derajat celcius sebelum Anda mengisi baterai. Kebocoran atau kerusakan pada baterai dapat terjadi jika peringatan ini tidak diperhatikan.
  • Pernah mengarahkan, mengenakan, atau mendiamkan baterai langsung terhadap sinar matahari. Jangan pernah menyimpan atau menggunakan baterai dalam kendaraan yg tak mendapat ventilasi suhu internal yang berlebihan dapat terjadi dan menyebabkan kebocoran baterai.
  • Selalu menjauhkan baterai dari jangkauan bayi atau anak-anak kecil.
  • Jangan sampai menjatuhkan atau melempar baterai.
  • Jika cairan yang terkandung dalam baterai laptop mengalami kebocoran, segera siram dengan banyak air sehingga memperkecil kemungkinan untuk kontak ke tubuh Anda, karena cairan tersebut bisa menyebabkan kulit iritasi. Jika terkena pakaian segeralah cuci dengan deterjen karena jika tidak maka pakaian Anda bisa rusak seperti sendal yang tersiram air accu.

Baterai termasuk dalam kategori machinery equipment sehingga harus dijaga kebersihannya dan dijauhkan dari kemungkinan jatuh.

Tags: , , , , , ,

AUTHOR

# Berkecimpung dalam bidang filsafat sekaligus menekuni web programming sebagai tambahan. Suka membaca buku lalu merenungkannya dan mengaplikasikan hasilnya :)

Artikel Terkait

Belum ada tanggapan untuk “Instruksi Manual Penggunaan Baterai Laptop”

Silakan Beri Komentar