Akibat Terjadinya Badai Matahari 2012

Corona Mass Ejection - badai matahariSebagian orang mungkin sudah tahu informasi tentang akan adanya badai matahari atau CME (Corona Mass Ejection) pada tahun 2012 nanti. Kata Dr. Thomas Djamaluddin badai matahari tersebut tidak menyebabkan kiamat, namun tetap berdampak pada benda astronomi di sekitarnya. Badai matahari berdampak tidak langsung terhadap manusia, dampaknya adalah terganggunya sinyal radio sehingga menyebabkan jaringan komunikasi menjadi rusak, jelek, atau tidak berfungsi.

Dari tempointeraktif, menurut Thomas, badai matahari itu baru menjadi persoalan jika ledakannya mengarah ke bumi. Saat itu, kata dia, bukan hanya satelit yang mengangkasa di orbit bumi yang terganggu. Bumi pun mengalaminya.

Saat ledakan matahari mengarah ke bumi, partikel berenergi tinggi yang ikut terlontar menyusup masuk bumi mengikuti arah medan magnet bumi dari kutub utara dan menyebar memasuki atmosfer. Insiden itu pernah dilaporkan pada saat siklus 22 pada 1989. Kala itu transformator (trafo) pembangkit listrik di Quebec, Kanada, terbakar dan sesaat kemudian listrik yang memasok kebutuhan 6 juta penduduk di sana padam selama 9 jam.

Tidak hanya itu saja bahkan penerbangan dan pelayaran yang mengandalkan satelit GPS sebagai sistem navigasi hendaknya menggunakan sistem manual ketika badai antariksa terjadi, dalam memandu tinggal landas atau pendaratan pesawat terbang. Ternyata banyak juga pengaruh yang bisa ditimbulkan oleh badai matahari. Jadi yang paling dikhawatirkan oleh pemerintah mau pun para ahli dari badai matahari itu sebenarnya terganggunya frekuensi radio. Kalau untuk orang awam, tentunya badai matahari dianggap sebagai api neraka yang akan hadir di bumi dan akan membumihanguskan bumi beserta isinya menjadi abu. Siapa yang tidak takut? Mungkin ada sebagian yang tidak takut tapi tetap saja ini meresahkan.

Coba kita lihat betapa bahayanya jika frekuensi radio terganggu, radio di sini bukanlah radio mendengarkan siaran berita atau lagu-lagu seperti prambors, suaragama, dan mustang fm, tetapi lebih kepada alat yang menggunakan konsep radio seperti handphone, wi-fi, GPS, BTS, dan lain-lain. Wah, berarti manusia gapapa donk? Hmm tidak juga, dikarenakan hampir semua manusia memakai alat berkonsepkan radio. Sekarang coba lihat pernyataan berikut:

  • Siapa yang tidak kesal jika sinyal handphone naik-turun yang menyebabkan 5 detik menelpon sudah putus, pulsa tentunya akan termakan banyak ‘kan.
  • Coba lihat pesawat dan kapal menggunakan sistem navigasi manual, tidak lagi memakai GPS, tentu saja tingkat nyasar dan kecelakaannya lebih tinggi dibandingkan dengan memakai GPS. Jadi hati-hati nanti apabila tahun 2011-2013 Anda berniat untuk bepergian naik pesawat.
  • Kita pernah lihat kan ada seperti wajan kecil di atas ATM? Itu tandanya ATM tersebut menggunakan frekuensi radio, mungkin menuju satelit atau apa pun saya kurang paham. Tetapi yang jelas kalau menggunakan frekuensi radio ATM tersebut terganggu juga. Jadi kalau mau mengambil uang di ATM siap-siap saja menerima tulisan “ERROR” atau “ATM TIDAK DAPAT DIGUNAKAN UNTUK SEMENTARA”. Solusinya, ambillah uang Anda dari bank jauh-jauh hari dan letakkan di bawah bantal tidur atau dalam lemari :cool:
  • Anda memakai wi-fi untuk internetan? Jangan harap bisa menerima sinyal dengan baik tentu saja karena frekuensinya terganggu, wi-fi memakai sinyal di 54GHz dan channel 20/40MHz, dengan ini kebebasan Anda dalam berinternet akan terganggu.
  • Potensi antar negara untuk meluncurkan ICBM/CBM berhulu ledak Nuklir menjadi sangat kecil, tentu saja karena ICBM/CBM menggunakan konsep radio dalam hal ini GPS untuk menuntun ICBM jatuh meledak tepat pada sasaran. Lah, kalau sinyal GPS saja terganggu? Salah-salah bisa mengarah ke negara sendiri setelah itu habis deh.. atau malah mungkin nyasar ke laut terus negara rugi deh. Makanya para negara pemilik ICBM/CBM tentunya berpikir berkali-kali kalau ingin meluncurkannya pada tahun 2011-2013.
  • Hati-hati terhadap hewan yang sensitif terhadap gangguan frekuensi seperti anjing dan kelelawar, salah-salah nanti ketika Anda sedang jalan sore-sore Anda dicokot kelelawar mabuk sinyal atau digigit anjing yang marah gara-gara sinyal.

Segitu saja kira-kira tulisan yang dapat saya kontribusikan kepada Anda, tulisan ini ada ilmiahnya ada tidaknya tetapi bolehlah untuk Anda pertimbangkan, terutama yang poin ke dua yaitu hati-hati kalau memilih bepergian dengan pesawat. Mari berharap badai matahari nanti tidak menyebabkan kepanasan atau gangguan jiwa bagi manusia. :mrgreen: Sekian akibat yang dapat ditimbulkan oleh badai matahari. :cool:

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Berkecimpung dalam bidang filsafat sekaligus menekuni web programming sebagai tambahan. Suka membaca buku lalu merenungkannya dan mengaplikasikan hasilnya :)

Artikel Terkait

98 tanggapan untuk “Akibat Terjadinya Badai Matahari 2012”

  1. November 9th, 2009 at 08:35 | #1

    Jadi ngeri membaca dampak yang ditimbulkan oleh badai matahari..
    Moga aja nggak kejadian.

    • November 9th, 2009 at 14:37 | #2

      memang mengerikan.. tapi sepertinya tidak membuat kita terpanggang :) eh.. jangan sampai deh..

  2. November 10th, 2009 at 13:54 | #3

    Itukan baru perkiraan para ahli, kalo ternyata badainya besar dan pengaruhnya kan juga ke bumi pun ikut besar siapa yang tahu bahwa ramalan itu merupakan perhitungan yang akurat dari bangsa Maya yang memang expert dalam hal perhitungan astronomi ? Anything can happen… :mrgreen:

  3. November 10th, 2009 at 18:54 | #4

    banyak kemungkinan peristiwa alam yang tidak bisa diprediksi oleh akal dan rasio. bahkan oleh kecanggihan teknologi.

    jangan terlalu yakin atas informasi yang ada.
    do the best but prepare for the worst…

  4. November 12th, 2009 at 10:20 | #5

    badai pasti berlalu
    Sang Maha Pemilik sedang menyentil manusia yang mulai ngawur

  5. November 13th, 2009 at 07:03 | #6

    siang ini kok abis makan jadi ngantuk ya?

  6. November 15th, 2009 at 11:23 | #7

    badainya dah berlalu?

  7. goestrisna
    November 21st, 2009 at 04:10 | #8

    brati kita kepanasan banget donk…..? :shock:

  8. December 2nd, 2009 at 02:30 | #9

    akhirnya kita kembali ke masa lampau saat kita masih menggunakan radio buat alat komunikasi tapi tetap aja itu semua kehendak ALLH SWT

  9. nindya ayu yulianita
    December 26th, 2009 at 06:04 | #10

    iiii serem ya kira-kira bagai mana ya?????? :roll:

  10. hesta
    December 29th, 2009 at 01:38 | #11

    badai pasti berlalu. berserah diri pada Sang Pencipta. Om Bhur, Bhuah Suah. Tat Sawitur Warenyam, Bargo Dewasyo Dimahi, Dyoyonah praco dayat.

  11. adi supriadi
    December 31st, 2009 at 08:54 | #12

    mudah-mudahan apa yang telah diprediksikan bahwa tahun 2012 akan terjadi badai matahari bisa membuat kita menjadi lebih menjaga lingkungan, mencintai dan mengerti alam di sekitar kita..karena tanpa kita sadari alam ini mengalami kerusakan akibat ulah kita sebagai manusia…ya…mari kita berusaha..berdoa..kepada Allah agar semua ini bisa kita lalui..amin. lumayan kan alat komunikasi gak ada irit pulsa hehe.. 8)

  12. phutrydieqweend
    January 16th, 2010 at 08:33 | #13

    saya ingin brtanya apakah baday matahari dapat membuat manusia kehilangan nywa.a? lalu apakah badai matahari dapat mmbakar bumi? :wink:
    ,, tolong d jawb yach ,,

  13. sandi
    January 17th, 2010 at 15:03 | #14

    ya . . . . . klo bisa sih lebih disosialisasi aja masalah badai matahari ini byar tar gda isu2 yang gak2 :

  14. March 13th, 2010 at 16:34 | #15

    Wah ngeri juga kalau beneran terjadi. Untungnya daerah tempat tinggal ane deket pantai. Ntar kalau ada apa2 ya tinggal nyemplung ke laut hehe…

  15. Arya
    March 15th, 2010 at 23:41 | #16

    Wah bahaya juga …. berarti yang pake modem dirumah juga terggangu tuh :( g isa fb an ma cari informasi deh

  16. Tiara
    March 16th, 2010 at 12:06 | #17

    huaa.. ngeri bgt iiah..
    sebener na cm dikasi tw guru.. tp wkt q cari di internet malah lbh ngeri daripada diceritain guru.. hiii.. atuuut.. :-x

  17. Arya
    March 16th, 2010 at 19:30 | #18

    scbs aja : tmpt tinggal deket pantai malah bahaya karena kalo ada pelepasan dari A.S. nuklir ma ngarahnya di laut gmn… :-P

    • March 16th, 2010 at 20:48 | #19

      ya.. bahaya tapi masa AS ngelepasin nuklir di situ.. gila aja.. :razz: eheheh..

  18. suhono
    March 16th, 2010 at 19:58 | #20

    kiamat stiap saat terjadi, bagi seseorang kiamat adalah mati. maka siapkanlah kematianmu. knikmatan dunia hanya 1% dibanding kenikmatan di AKHERAT. “LATAHZAN”

  19. Arya
    March 17th, 2010 at 22:04 | #21

    hehehehehe :lol: :lol: :mrgreen: :mrgreen: priktiew… bisa aja kan biar nuklirnya g meledak di AS.. memang Gila tuh kwkwkkwkwwk :-P :-P

  20. March 20th, 2010 at 11:19 | #22

    hahaha………….. :mrgreen: berdoa wae eo……
    waspadalah… :!: :!: :!: :!: :mrgreen: :lol: :-D :-P :roll: :wink:

  21. Berliana
    March 20th, 2010 at 14:51 | #23

    Fiuuhhhh, kirain kiamat, ternyata cuma badai matahari…..Tapi sama juga si bahaya…. :roll:

  22. Salma
    March 21st, 2010 at 10:57 | #24

    Hahahaha……….
    tidak usah takut ! :wink:
    yang penting kan bukan Kiamat !! :lol: :lol: :lol: :-P
    Tenang aja lah…….. :) :) :)

  23. vivi
    March 30th, 2010 at 19:40 | #25

    ya makanya mulai sekarang kt harus mulai sering berdoa agar tuhan mau membatalkan badai matahari yg mengerikan itu… :cry: :-? :-x

  24. arjun
    April 12th, 2010 at 14:28 | #26

    itukan baru prediksi…mudah mudahan Allah SWT masih mnjaga kita semua dr badai matahari..Amin ya Robbal Alamin.. :wink:

  25. intha
    April 15th, 2010 at 10:18 | #27

    wach .. aruc sedia cadangan aer yang banyak dung …… :-P

  26. April 25th, 2010 at 19:07 | #28

    :roll: :roll: :arrow: Banyak Solat, doa, dan berbuat baik terhadapa sesama.kurasa itu salah satu solusinya :-P :-D

  27. duenz ayue
    May 1st, 2010 at 18:51 | #29

    kq jd gni sch critanya, ngeri bgt. masa iya balik lg ke zaman dulu, kan kasian yg dah punya penemuan, daah ga bisa di pakai lg,,,, mulai dari awal lg dnxxx, :( :( :(

  28. Hamidan kamil
    May 7th, 2010 at 18:31 | #30

    kita selaku manusia yg beriman hrs meyakini bahwa kiamat tu pst datang.Ada musibah atw g ad musibh kita wajib untk beribadah kepadany, selalu berdo’a dan berpegang teguh kepadanya, insya Alloh kita diridhoiny.hidup kita nyaman mati kita aman.insyaAlloh :wink: :-| :) :lol: :-D

  29. May 8th, 2010 at 21:20 | #31

    :mrgreen: :mrgreen: makanya hai para org2 pinter di dunia,saat ini jg berlomba2lah mencari solusi,bikin kota dibwh tanah ke,biar ga kepanasan hihihi…atau bikin pelindung bumi dari sengatan matahari hehe..kalau bisa seeh..klo ga bs ya pasrah aja yah smuanya..lagian suatu saat kita ja akan tidur slamanya di tanah ya pa ga prof..

  30. Edo
    May 10th, 2010 at 12:18 | #32

    Wis Takut aku Nih Aq Da Anjing LAgi Nihh :( Takuuuttt ……..Ya Tuhan Bisakah Anda Membatalkan Badai Matahari Dengan Kekuatanmu Yang Agung Dan tak Tertandingi :cry:

  31. Arya
    May 20th, 2010 at 21:35 | #33

    kalo dah terjadi badai matahari tuh kita g bisa nelpon,ngehidupin komputer, ma masak makanan .. ya …? :?: :?: :cry: :cry: :cry: :cry:

  32. adjie stuv
    May 27th, 2010 at 15:10 | #34

    :mrgreen: ya allah lindungilah kmi dari badai matahari 2012 dn lindungilah kmi dari segala marabahaya,,,,amin :-|

  33. nia
    May 27th, 2010 at 16:15 | #35

    ya allah ,,,,,,klo me5ng nanti akan terjadi badai 5tahari
    tolong lindungi kami :cry: :cry: :cry:

  34. iis
    May 28th, 2010 at 14:23 | #36

    ya pasrah z lah yang penting buat kita perbanyak amal betulllll :roll:

  35. dian
    May 31st, 2010 at 16:35 | #37

    ya alllah ngeri bget yua…
    smoga mpaknya ndak trllu bruk :( :?: :!:

  36. Muhammad Nur Rendra
    June 2nd, 2010 at 08:45 | #38

    Ya, makax kita harus meningkatkan keTaqwaan kepada ALLAH SWT, hilangkan kemaksiatan dan cepatlah berwudu untuk sholat dhuha, sekarang dah jam 8.45 cuy, hehehe….

  37. y
    June 11th, 2010 at 08:19 | #39

    @itempoeti
    ya betul semua dipasrahkan pada alloh itu yg enak :lol: :-D :-?

  38. tr idiot
    June 15th, 2010 at 20:51 | #40

    waduh kalo anjing juga terganggu trus nggigitnya ngawur… kemana mana mesti bawe batu dunk?

  39. June 18th, 2010 at 05:32 | #41

    mang kanya kita banyak menanam pohon

  40. dhe
    June 18th, 2010 at 10:21 | #42

    ada kehidupan pasti ada kematian,

  41. yulia fita febiola
    June 22nd, 2010 at 15:24 | #43

    kemungkinan badai matahari tidak akan muncul
    kita tidak boleh percaya sama gitu 2 an
    semua nyang terjadi di bumi yg nentuin hanya allah :wink: :-P

  42. tyas
    June 23rd, 2010 at 11:20 | #44

    jady ngerti stelah bca nie, , , ,
    moga” ja gug kjadian zaow. . .
    AMIEN…….

  43. June 25th, 2010 at 11:34 | #45

    prcayalah ini yG akan tjd pasti khendak yg di atas…..
    brtaubat lah slagi msh ada waktu…. 8-O :-P :roll:

  44. nila
    July 2nd, 2010 at 14:19 | #46

    Apa yg t’jadi maka t’rjadilah,,,

    Dunia niech milik ALLAH SWT dan segala sesuatu akan terjadi sesuai kehendakNya

  45. deidara
    July 5th, 2010 at 10:41 | #47

    seluruh jagat raya ini milik ALLAH S.W.T mungkin ALLAH sudah memper kirakan dampak nya… dan kelak bisa jadi mamfaat bagi manusia :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :cry: :cry: :cry: :cry: :idea: :idea: :idea: :idea: :( :( :( :-P :-P :-P :) :) :) :wink: :wink: :wink: :wink: percaya lah ALLAH S.W.T tidak akan memberi cobaan lebih dari yang kita tak mampu

  46. ard
    July 5th, 2010 at 13:26 | #48

    du….
    mga ajh dmpknya kagk mpe ind nui dec,,,
    w ngr bnd

  47. arifudin
    July 8th, 2010 at 02:31 | #49

    ard, alay bhasa lo..
    gini aja,percuma kita membucarakan sesuatu hal tanpa memikirkan solusinya…
    jika memang semuatu itu terjadi atau bahkan lebih buruk, setidaknya kita mempunyai solusi untuk kedepanya, dari hal sekecil apapun, seperti kendaraan tidak bermotor, kompor dengan bahan bakar kayu, dll…
    sekali lagi bahasa lo ard alay bgt..wkwkwkkwkwk

  48. mel
    July 14th, 2010 at 15:47 | #50

    y qt hrs pergunakan wktu yg ada..
    aplg bg yg blm prnh ehem3.. :oops:
    secepatnya booo… :mrgreen:

  49. faisal
    July 14th, 2010 at 15:53 | #51

    y moga2 sblm kiamat luna maya mo ma gw yee.. :oops: :-o :mrgreen:
    huhhh.. :lol:

  50. faisal
    July 14th, 2010 at 15:55 | #52

    @Salma
    weh kta sapa blom tentu kaleee :-P

  51. liana
    July 15th, 2010 at 14:59 | #53

    hidup ini adalah seperti sinetron kapan sang empunya dan pencipta akan memberhentikan dan bermain hanya dialah yang mengetahuinya.dan sang aktor dan aktris hanya berusaha bermain peran dengan baik atau jelek.kalau berperan dengan baik maka akan menghasilkan jg yg baik dan kalau berperan jelek ya hslnya jelek yang jelas ikuti perintak sutradara apa yg diinginkan.ituintinya he..he…(dunia ini panggung sandiwara jd inget lagunya gito gilas bukan?kalau tdk salah lho…)

  52. riE-rHi
    July 27th, 2010 at 20:45 | #54

    wahhh jdy ng’rii nichh… bkn krn ap…. tp GAGH BISA OL LAGI…

  53. robert
    July 30th, 2010 at 21:58 | #55

    bnar kah.. ckup percaya sama yg maha kuasa………

  54. August 6th, 2010 at 10:47 | #56

    bacanya udah ngeri semoga tidak terjadi yang tidak di inginkan oleh manusia…namun ttp allah maha tau

  55. Ashfia
    August 22nd, 2010 at 12:49 | #57

    Hanya Allah Yang Tau…Aku Serahkan Saja Semua Sama Allah…

  56. August 28th, 2010 at 10:58 | #58

    yakin aja padaNYA ………………………………………………………………………………………………….

  57. joshua
    August 29th, 2010 at 13:46 | #59

    ap semua itu memang sudah pasti d perkirakan??

  58. dian fatoni
    August 31st, 2010 at 06:45 | #60

    Teman2ku yg msh tergetar hatinya mari qt sm2 bnyk2 introspeksi,renungi dosa apa saja yg tlh qt lakukan,Allah Maha Penyayang,Dia akan Maha Ingat akan hamba yg terus ‘mengingatNya’.
    mg Allah snantiasa melindungi qt.amiin..

  59. aodi tsani
    August 31st, 2010 at 14:35 | #61

    ya allah laindungilah hambamu ini dary segala mara bahaya AMIN………………………………. hanya tu yang bisa aq ucapkan moga” aq terhindar dary badai matahary yang ktanya akan datang di thn 2011-2013………………. WASKUM

  60. ciko
    September 1st, 2010 at 20:38 | #62

    kita semua g akan pernah tau kapan kiamat itu sendri akn t’jadi,,dan juga kita g akan pernah tau apakah badai matahari itu ciri kiamat sdah dekt? semuanya adala rahasia Allah SWt

    .yang penting kita sebagai umatnya harus banyak”b’do’a
    .ok!!!!! :D

  61. uke
    September 1st, 2010 at 20:42 | #63

    kita semua g akan pernah tau kapan kiamat itu sendri akn t’jadi,,dan juga kita g akan pernah tau apakah badai matahari itu ciri kiamat sdah dekt? semuanya adala rahasia Allah SWt

    .yang penting kita sebagai umatnya harus banyak”b’do’a
    .ok!!!!! :D :D ;C

  62. rendra
    September 4th, 2010 at 11:32 | #64

    mungkin itu cobaan dr alloh

  63. zulkifli
    September 18th, 2010 at 08:27 | #65

    serahkan semua kpd yang maha kuasa key…..

  64. ulya
    September 19th, 2010 at 10:53 | #66

    Mungkin nie pringatan dari Allah,, buat para umat-Nya yang mulai melalaikan kewajibanx, n mulai ngawur

  65. raider f 150
    September 22nd, 2010 at 21:11 | #67

    tbat

  66. October 6th, 2010 at 18:18 | #68

    ini merupakan cara agar matahari tetap lestari tau…!

  67. ryo
    October 14th, 2010 at 21:51 | #69

    berarti isu kiamat slama ni gak bner….

  68. nta
    October 19th, 2010 at 20:03 | #70

    dunia ini pasti hancur tanpa di perkira kan…….???????

  69. uLand
    November 4th, 2010 at 13:53 | #71

    ya aLLLLLLLah…………
    aKu Takutttttttttt………

  70. dony
    November 15th, 2010 at 11:41 | #72

    badai matahari itu terjadi semua kuasa Allah s.w.t. soo…
    kita sbg manusia harus menjaga bumi ini dan melestarikan
    alam raya dan seisinya dgn baik ,,, selain itu don’t forget
    minta keselamatan kpd sang pencipta yaitu Allaoh s.w.t.
    tx …..

  71. December 8th, 2010 at 16:50 | #73

    betul itu semua.Badai Matahari Terjadi Karena Allah dan Kita Gk Tau kiamat itu kapan terjadi yang penting kita banyak sholat,berzikir dan ngaji ok !!!”’ :D B-)

  72. December 8th, 2010 at 16:51 | #74

    aku juga takut :c

  73. December 8th, 2010 at 16:53 | #75

    serem dech liat badai mathari apa lagi kiamat ihhhhhhhhhhhh :D

  74. February 16th, 2011 at 17:24 | #76

    semoga badai matahari gx kn terjadi , skrg kta hya bsa pasrah pada ilahi,

  75. February 17th, 2011 at 11:38 | #77

    aku mau beli AC dulu ahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  76. Musa
    February 22nd, 2011 at 21:17 | #78

    Aku berlindung kepada Allah

  77. March 13th, 2011 at 22:34 | #79

    semuanya yang comment di sini mari kita semuanya sama2 memanjatkan do’a kepada sang pencipta agar kita diberi perlindungan dan keselamatan kapanpun dan di manapun “jangan menambah nasi yang sudah basi dengan lauk yang busuk sementara orang lain yang melihatnya jijik”

  78. Tiara Sneusa
    March 14th, 2011 at 15:53 | #80

    Moga moga g terjadi ya temen temen

  79. Tiara Sneusa
    March 14th, 2011 at 15:55 | #81
  80. bethoro bangkong
    March 18th, 2011 at 22:37 | #82

    ya ….gawat deh . yuk do cepet kawin . mengko ra uman

  81. April 21st, 2011 at 22:22 | #83

    saya sangat takut akan terjadi nya badai tersebut”” apa tidak ada yang b isa kita lakukan lagi???? saya takut banget mati”’ saya belum kawin huft““““

  82. agung
    May 31st, 2011 at 10:35 | #84

    ya allah ampuni dosa hamba ya allah…

  83. joko sedunia
    June 20th, 2011 at 11:54 | #85

    semoga bukan itu penyebab kiamat, tapi badai matahari tersebut merupakan tanda tanda akhir jaman, seperti bencana bencana alam lainnya yang telah terjadi, sebagai peringatan bahwa TUHAN adalah maha segalanya

  84. July 22nd, 2011 at 11:18 | #86

    Ya Allah…. Serem bnget…..

    aq jadi ke inget dosa2 q yang terdahulu….

    aq pale wedi ngene iki…..
    wes pasrah karo seng gawe orep ae (ALLAH SWT)

  85. Emir Prakoso
    August 11th, 2011 at 18:37 | #87

    ah…Wallahua’lam,,,apapun yg terjadi pasrahkan dan ikhlaskan saja sama Allah,,,semuanya yg terjadi Allah yg mengatur…jd,gak usah pusing2 yg penting solat dan zikir,,,

  86. August 24th, 2011 at 10:30 | #88

    adoooooohhhhh ko pusing amat sih sm badai mathari????? kan itu msh 2012 NE yg masih aaaanggaaaattttt,,,,,,Klian uda pd tw mua blom BRANKAS UANG KAS NEGARA TERHEMPAS oleh badai korupsi M NAAZRUDIN???????????

  87. Syifa
    October 3rd, 2011 at 16:51 | #89

    Kalo gitu suruh aja pelabuhan ato bandara tutup untuk sementara
    ^U^
    O_o

  88. Hamdal
    October 5th, 2011 at 10:07 | #90

    Itu kan baru perkiraan aja yg penting kita tetap ibadah dan berdo’a kepada ALLAH SWT supaya kita selalu dalam lindungannya AMIN

  89. nurie
    November 1st, 2011 at 23:22 | #91

    hanya allah yg tau.. smga smwanya dalam lindungannya amin

  90. lala
    January 5th, 2012 at 07:39 | #92

    ngeri juga….upss,,,tapi sekarang tahun 2012.tinggal ditunggu aja kapan hari” H “nya.

  91. lala
    January 5th, 2012 at 07:58 | #93

    yang penting kita berdoa…berdoa…dan berdoa semoga kita semua diberi keselamatan di dunia dan di akhirat.Amin
    cuma Allah SWT yang tau kapan kita mati.

  92. January 6th, 2012 at 06:50 | #94

    berdoa aja moga2 g terjadi badai matahari

    :rool:
    ^_^

  93. January 6th, 2012 at 19:58 | #95

    jangan sampaii terjadii deh ya tuhann , ngerii dehk ngedengernya

  94. tuko ch
    January 9th, 2012 at 16:42 | #96

    segala yg Allah ambil dan berikan adalah milikNya,dan sgl yg Allah berikan ada batas waktunya,maka sabar dan tawakkalah kepadaNya niscaya kita selamat.amin!

  95. January 28th, 2012 at 12:21 | #97

    kl zdh waktunxa mau gmn lagi,,,

  96. elly
    March 29th, 2012 at 20:34 | #98

    makin deket aja nich badai mataharinya ,…

Silakan Beri Komentar