Filsafat Friedrich Nietzsche dan National Socialism

Filsafat Friedrich Nietzche yang berkembang selama abad kesembilan belas, menjadi lebih populer lagi pada abad kedua puluh dan tentu menjadi sangat berpengaruh. Terkait dengan karyanya, entah berapa jumlahnya yang diinterpretasikan secara berbeda-beda soalnya Nietzsche tidak pernah secara khusus menguraikan filsafatnya dengan tepat dan ia pun menulis dalam gaya yang sangat menggugah! Banyak dari aspek gayanya berfilsafat membuat dia terasing dari pendirian filosofis dirinya sendiri selama hidupnya. Dia mengkritik berbagai moral terkemuka pada zaman dia hidup termasuk Kristen, ia inginkan sebuah evaluasi ulang berbagai nilai dan adat istiadat Yahudi-Kristen dunia.

Konsep moralitas tentang tuan-budak menempati pokok utama dalam pemikiran dan filsafatnya. Dia menyatakan bahwa:

  • Moralitas tuan adalah sistem yang asli di mana nilai moral timbul sebagai sebuah perjuangan antara baik dan buruk (kekayaan, kesehatan, kekuatan dan kekuasaan) dilawankan dengan (miskin, lemah, sakit dan menyedihkan).
  • Namun pada moralitas budak nilai ini digantikan dengan sebuah perjuangan antara jahat dan baik – (kejam, egois, ramah) dilawankan dengan (amal, kesalehan, menahan diri dan kelemahlembutan).

Dengan demikian mengembangkan suatu tipuan oleh para budak dan lemah dari Roma kuno, terutama diturunkan dari orang Yahudi dan Kristen, untuk membalikkan nilai-nilai tuan-tuan mereka dan mengambil alih kekuasaan untuk diri mereka sendiri. Nietzsche memandang moralitas sebagai budak merupakan wabah yang telah mengalahkan Eropa dan menghambat orang dalam memperoleh kekuasaan dan vitalitas atas dunia.

Memang benar Nazi dipengaruhi oleh filsafat Nietzsche tetapi mereka sangat selektif. Filsafat Nietzsche yang diasosiasikan dengan National Socialism berdampak negatif pada reputasinya pada masa setelah Perang Dunia II, tetapi di lain pihak banyak gagasan dari Nietzsche yang memiliki pengaruh besar pada banyak filsuf Eropa terkemuka termasuk Foucault, Derrida, Heidegger, Camus dan Sartre.
-Russell Shortt

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Berkecimpung dalam bidang filsafat sekaligus menekuni web programming sebagai tambahan. Suka membaca buku lalu merenungkannya dan mengaplikasikan hasilnya :)

Artikel Terkait

Belum ada tanggapan untuk “Filsafat Friedrich Nietzsche dan National Socialism”

Silakan Beri Komentar