Mendengarkan Radio Internet Memakai Windows Media Player 11

Jika Anda berpikir bahwa Windows Media Player adalah perangkat lunak yang diprogram hanya untuk pemutaran musik dan video file, cobalah untuk berpikir sekali lagi! Software media player milik Microsoft ini juga dapat menghubungkan Anda ke berbagai ratusan stasiun radio internet yang memungkinkan Anda untuk mendengarkan audio streaming ketika Anda bekerja! Tutorial singkat ini akan menunjukkan cara menggunakan Windows Media Player 11 tidak hanya sebagai sarana music streaming, tetapi menunjukkan cara bookmarking stasiun radio favorit Anda.

Mengakses Media Guide

Windows Media Player 11 memiliki media guide yang dapat Anda akses dengan mengklik tab Media Guide pada bagian atas layar, tetapi jika Anda menggunakan mode menu klasik, silakan klik View > Online Store > Media Guide. Setelah dipilih, Anda akan disajikan dengan pilihan terbaru dan terpopuler meliputi musik, film, permainan, dan radio. Topik individual ini dapat diakses menggunakan link di bagian atas layar tersebut, atau di kolom pada sisi kanan dari layar media guide. Anda juga akan melihat bahwa ada link Radio Tuner dalam kolom ini – silakan klik untuk melanjutkan tutorial singkat ini.

Memilih Stasiun Radio Streaming

Pada layar Radio Tuner tersedia daftar berbagai genre populer yang dapat Anda pilih untuk melihat daftar stasiun radio yang tersedia. Sebagai contoh, mengklik Top 40 link akan menampilkan daftar stasiun radio streaming dengan genre tertentu. Untuk genre yang tidak terdaftar, ketik kata kunci di kotak pencarian dan klik pada panah hijau untuk mencari stasiun radio yang Anda inginkan. Ada juga daftar singkat yang menampilkan stasiun streaming music untuk langsung Anda gunakan, jadi jika Anda malas mencari-cari atau ingin mencoba yang baru silakan saja coba salah satu dari daftar tersebut. Untuk memilih stasiun, cukup klik kiri dengan menggunakan mouse Anda.

Memainkan Music Streaming

Setelah memilih stasiun radio, Anda akan melihat informasi lebih lanjut, sekaligus dengan pilihan untuk menambahkan stasiun ke daftar favorit Anda, mengunjungi situs internet stasiun radio, dan memainkan audio streaming. Untuk mulai mendengarkan musik secara streaming, klik Play. Jika kotak dialog Enhanced Content muncul di layar, silakan menerima permintaan dengan mengklik tombol Yes untuk mengunduh halaman web stasiun radio Internet.

Cara Bookmark Stasiun Radio

Dikarenakan ada ratusan stasiun radio untuk dipilih, Anda tentunya harus menambahkan yang Anda suka ke daftar favorit Anda untuk menemukannya secara mudah ketika akan mendengarkannya di masa yang akan datang. Saat mendengarkan stasiun radio, klik ikon Back Arrow berwarna biru untuk kembali ke daftar stasiun (seperti pada langkah sebelumnya) dan klik pada Add to My Stations. Untuk melihat daftar stasiun yang telah Anda bookmark, silakan kembali ke layar utama pada Radio Tuner dan klik pada My Stations.

Sumber: Mark Harris

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Berkecimpung dalam bidang filsafat sekaligus menekuni web programming sebagai tambahan. Suka membaca buku lalu merenungkannya dan mengaplikasikan hasilnya :)

Artikel Terkait

3 tanggapan untuk “Mendengarkan Radio Internet Memakai Windows Media Player 11”

  1. January 24th, 2010 at 18:21 | #1

    Lho iklannya adsensenya kok keluar gak sesuai posting ya? itu bagaimana bisa terjadi? Lagi ngomongin windows player keluarnya kok business online? coba di jelaskan ini bang? (layaknya bertanya sama tukang informasi)

    • January 25th, 2010 at 01:39 | #2

      itu dikarenakan kekuatan cinta.. ngga de.. itu mungkin dikarenakan yang punya iklan itu si lijit dan memiliki konfigurasi tersendiri.. tapi saya cuma berbicara kemungkinan saja ehhehheh :mrgreen:

  2. October 3rd, 2011 at 09:52 | #3

    Makasih brad, tapi lebih asik pake web browser brad, spt di situs ane

Silakan Beri Komentar