Dinas Pendidikan Jogja Pecat Pengawas UAN SMA/SMK

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jogja melakukan pemecatan kepada pengawas Ujian Akhir Nasional (UAN) yang dinilai teledor saat pelaksanaan UAN SMA/SMK berlangsung. Sementara itu, sanksi tegas pada pengawas ini belum diberlakukan kepada 4 siswa SMA yang terbukti membawa ponsel saat UAN berlangsung.

“Kami sudah melakukan pencatatan kepada pengawas yang terbukti bermain Facebook dan mencecerkan LJK. Pemecatan ini berarti bahwa mereka sudah tidak diperkenankan lagi untuk mengawasi saat UAN mendatang. Langkah ini kami lakukan dengan mengacu pada sanksi UAN 2010,” kata Kepala Disdik Kota Jogja Syamsury, Jumat (9/4).

Ia mengaku kecewa dengan tindakan pengawas tersebut. Pasalnya, pengawas yang bersangkutan sudah diberikan rambu-rambu terlebih dahulu dari Tim Pemantau Independen (TPI) universitas terkait apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Syamsury mensinyalir saat proses coaching pengawas tersebut tidak memperhatikan dengan baik. Sementara itu, tindakan tegas diberlakukan kepada pengawas ini diakuinya belum bisa diterapkan begitu saja kepada 4 siswa yang kepadatan membawa ponsel saat UAN.

Berdasarkan sanksi UAN 2010 siswa yang kedapatan membawa ponsel dinyatakan tidak lulus pada mata pelajaran yang bersangkutan. “Kami belum bisa memberikan keputusan apapun terkait dengan lulus atau tidaknya ke-4 siswa tersebut. Namun kami sudah melakukan teguran serta menyuruh siswa tersebut membuat pernyataan tertulis pelanggarannya di hadapan sekolah dan orangtua,” pungkas Syamsury.

Terpisah Koordinator UAN DIY Baskara Aji mengungkapkan, berita acara dari TPI tentang ke-6 siswa DIY yang terbukti membawa ponsel saat UAN, sudah diberikan kepada pusat.

Sumber: Harian Jogja, Sabtu 10 April 2010

Tags: , , , ,

AUTHOR

# Berkecimpung dalam bidang filsafat sekaligus menekuni web programming sebagai tambahan. Suka membaca buku lalu merenungkannya dan mengaplikasikan hasilnya :)

Artikel Terkait

7 tanggapan untuk “Dinas Pendidikan Jogja Pecat Pengawas UAN SMA/SMK”

  1. April 14th, 2010 at 17:00 | #1
  2. April 22nd, 2010 at 14:03 | #2

    Sory Prill… baru sempat mampir.

  3. April 22nd, 2010 at 14:04 | #3

    kalau mengawasi UNAS sambil Internetan emang kelewatan sih…

  4. May 17th, 2010 at 15:21 | #4

    kita memang perlu banyak berbenah diri…

  5. May 27th, 2010 at 11:24 | #5

    @Norman
    Salam kenal dari mahasiswa yogyakarta, mari kita tingkatkan dunia pendidikan di Indonesia melalui media blog ini, bersama kita tingkatkan mutu dan kualitas masyarakat, semoga tulisan anda yang bermanfaat ini dapat digunakan dengan baik oleh siapapun dengan menjunjung tinggi dan menghormati hak cipta. @ beasiswa 2010

  6. June 25th, 2010 at 10:28 | #6

    siswa kok nekat bawa hape,
    ciri orang yg tidak percaya kemampuan diri

  7. iif abdullatif
    September 6th, 2010 at 18:42 | #7

    sebagai kota pendidikan malu donk sekarang kota pendidikan pindahkan ke kota bandung rido teu nya matak tong sok bawa hpe lagi ujian nasional lagi malu donk…..lam kenal aja ke semuanya kulo dari bandung

Silakan Beri Komentar