Kemampuan Otak Manusia

Ada guyonan yang berbunyi demikian “Otak siapa yang paling berharga.” jawabnya “Otak mu! Karena jarang dipakai masih baru.” Begitu guyonan untuk menyebut seseorang yang bodoh. Otaknya tidak pernah dipakai dan masih baru. Tentu saja pendapat ini sangat lucu karena tentu saja ini salah besar sekali. Otak manusia yang tidak pernah dipakai bukannya akan jadi baik karena awet tapi malah sebaliknya otak akan semakin tidak baik apabila tidak diasah terus menerus.

Otak semacam otot, ketika dia tidak pernah dipakai dia akan menjadi semakin lemah. Otak menjadi semakin lemah ketika pemiliknya tidak menggunakannya dengan baik dan tidak melatihnya. Sebagai contohnya mereka yang memiliki penyakit alzeimer akan semakin rapuh ketika tidak melatih otaknya bekerja. Karena itu mereka yang ada di usia senja diharapkan melatih otak mereka agar mereka dengan berbagai aktivitas yang melatih otak mereka Otak yang semakin sering digunakan adalah seperti otot, dia menjadi kuat dan terlatih.

Dikatakan bahwa otak yang terlatih memiliki lebih banyak kerutan-kerutan. DI dalamnya juga lebih banyak sambungan sambungan. Karena itulah otak yang terlatih tentu saja lebih mahal dari otak yang tidak terlatih. Di dalam otak yang terlatih sudah ada banyak jaringan-jaringan neuron yang ada karena sering digunakan untuk berfikir.

Albert Einstein pernah berkata bahwa manusia hanya memakai 10% otaknya. Fakta ilmiah baru-baru ini menyatakan bahwa kepercayaan ini salah. Mungkin yang Einstein maksud sebagai 10% adalah potensi otak kemampuan otak. Memang kita belum tahu batas kemampuan otak manusia, kita sering melihat orang-orang membawa kemampuan otaknya hingga taraf yang mengagumkan seperti menghitung dengan cepat dan menghafal demikian banyak. Suatu kemampuan yang tidak biasa kita lihat di kehidupan sehari-hari.

Tags: , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Artikel Terkait

2 tanggapan untuk “Kemampuan Otak Manusia”

  1. Nila Amania
    August 23rd, 2011 at 10:38 | #1

    potensi otak manusia itu 100% tapi dalam menggali potensi tersebut sebagian besar hanya 10% saja, mungkin maksud einstein sebagian manusia, bukan semua manusia.
    ada yang bilang kalau otak manusia itu sama tapi dalam pengolahannya saja yang berbeda, mereka yang bisa mengembangkan bisa saja menciptakan hal yang menakjubkan seperti yang anda utarakan bahwa tajam bila diasah tumpul bila tak digunakan.
    semoga bisa menjadi resensi.
    saya juga masih dalam tahap belajar, bukan maksud untuk menggurui tapi kita saling mengingatkan.
    kalau saya salah saya siap menerima komentar anda.
    terimakasih.

  2. November 13th, 2011 at 13:20 | #2

    Otak manusia merupakan misteri. Ada otak manusia bisa mengalahkan mesin dalam menghitung. Dengan otak, energi jga bisa di buat (create). Misalnya, pada pengobatan prana, otak kita yang membayangkan atau memperintahkan supaya tenaga prana keluar dari telapak tangan, dan hal ini bisa terjadi. Maka itu, siapapun yang dapat menggunakan potensi otak 100%, wah luar biasa….

Silakan Beri Komentar