Permasalahan Lupa dan Ingatan Manusia

Manusia adalah makhluk yang sering lupa. Lupa bisa dibilang sesuatu yang sangat manusiawi. Setiap orang pernah mengalami lupa dalam hidupnya. Lupa itu begitu biasa sampai kita tidak sadar bagaimana kondisi yang disebut lupa itu merupakan suatu hal yang mengherankan dan juga menakjubkan. Sesuatu disebut lupa merupakan suatu yang biasa saja dan lumrah padahal kalau dipikir secara benar ada hal-hal yang aneh dari suatu kondisi lupa tersebut.

Pikiran manusia sebenarnya merekam segala apa yang dialaminya secara detail. Sebagai contohnya dalam ilmu psikologi dan hipnotis. Apabila seseorang dihipnotis mereka bisa melihat-hal-hal yang dahulu pernah mereka lihat secara detail. Padahal ketika dia sadar dia tidak begitu ingat dengan pengalaman pengalaman ini. Namun demikian ketika mereka dalam kondisi tidak sadar mereka bisa mengingat suatu detail yang cukup mengagumkan. Anehnya ketika kita dalam keadaan bangun seringkali ingatan-ingatan itu tidak bisa diakses lagi.

Jika otak menyimpan semua pengalamana-pengalaman kita kenapa kita bisa lupa. Pertanyaan lain lagi adalah kenapa kita bisa lupa? Atau kenapa harus lupa? Kita memang bisa menyalahkan kesalahan evolusi sebagai alasan kenapa manusia tidak memiliki ingatan yang bisa mengingat segala hal.

Namun demikian sungguh aneh, ketika dalam evolusi mata manusia yang sedemikian kompleks bisa terjadi kenapa malah ada kelemahan dalam masalah ingatan manusia. Tuhan sendiri menciptakan manusia yang sungguh pelupa. Kenapa manusia harus lupa.

Mungkin alasan kenapa manusia begitu mudah lupa adalah apabila manusia mampu mengingat segala hal maka manusia akan susah hidup di dunia. Pikiran manusia akan dipenuhi ingatan ingatan. Ini masih merupakan hipotesis kemungkinan, tapi bisa juga manusia memang masih dalam tahap rendah karena itu ingatannya terbatas. Mungkin manusia memang harus melatih ingatan mereka agar menjadi manusia sempurna.

Tags: , , , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Artikel Terkait

4 tanggapan untuk “Permasalahan Lupa dan Ingatan Manusia”

  1. September 13th, 2011 at 09:31 | #1

    lupa tidak menjadi permasalahan yang mesti di bahas, tapi manusianya yang mesti harus dan wajib di bahas…

  2. November 8th, 2011 at 05:00 | #2

    Lupa itu sudah biasa, tapi kalau lupa terus itu luar biasa

  3. triwahyu
    November 15th, 2011 at 17:50 | #3

    bener aq setuju mas klo seorang filsuf itu orang gendeng, tpi itu berlaku bagi orang yg tidak memahaminya

  4. Bobon
    April 16th, 2013 at 13:21 | #4

    Saya sangat senag membaca tulisan anda sangat-sangat inspiratif. terima kasih banyak. tetap semangat.

Silakan Beri Komentar