Apakah Internet Membuat Kita Bodoh?

Apakah Internet membuat kita bodoh? Suatu pertanyaan yang saya tanyakan kepada diri saya sendiri mengenai sikap kita terhadap Internet dan membaca secara online. Secara kasat mata hal ini tentu saja sangat aneh. Internet memberikan informasi kepada kita dengan cepat dan sangat beragam. Bagaimana mungkin kita menjadi bodoh karena hal itu.

Ini masalah konsentrasi yang kita miliki dalam menggunakan internet. Pada masa dahulu ketika kita menggunakan buku, kita membaca secara linear. Kita membaca dengan konsentrasi lebih tinggi daripada ketika kita membaca dengan internet. Membaca media internet merupakan media yang penuh dengan distraksi. Banyak sekali pengalih perhatian dalam media internet ini. Kita dialihkan mulai dari iklan-iklan dan terlebih lagi Link-link.

Misalnya dalam membaca dokumen dalam internet kita akan dibawa ke link-link yang beragam. Kita jadi tertarik untuk masuk ke link-link itu. Kemudian kita terus bergerak ke link dan link selanjutnya. Ini membuat kita tidak konsentrasi dalam pembacaan kita karena kita dihadirkan oleh link-link yang berkaitan satu sama lain. Malah bisa jadi fokus pembacaan kita kabur karena kita berbagai link. Kita menjadi tersesat dalam link-link.

Belum lagi sifat pembacaan online lebih membuat kita membaca secara cepat. Tidak seperti buku yang berurutan satu sama lain. Halaman web saling berkaitan satu sama lain seperti jaring laba-laba. Itu membuat kita memindai satu halaman dengan halaman lain. Membuat kita membaca dengan cepat. Apakah suatu informasi itu penting atau tidak.

Proses pembacaan ini buruk karena kita menjadi tidak fokus dalam membaca sesuatu. Pikiran kita jadi terdistraksi oleh berbagai link-link yang tak musti harus berkaitan satu sama lain. Kalaupun berkaitan bisa jadi kaitan yang ada sangat jauh. Kita perlu meneliti mengenai suatu sikap yang baik dalam membaca dan belajar melalui Internet.

Tags:

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Artikel Terkait

4 tanggapan untuk “Apakah Internet Membuat Kita Bodoh?”

  1. meisa
    December 14th, 2011 at 19:33 | #1

    sangat bagus untuk dibaca.
    karna sifatnya membangun untuk berfikir

  2. glaydenty
    March 12th, 2012 at 12:03 | #2

    internet bisa membuat kita bodoh saat penggunanya terpengaruh lebih lanjut untuk berbuat yang menyebabkan dirinya menderita. bila tanpa pertimbangan yang sesuai ( dapat terpedaya info tertentu di internet ).

    dan atau
    internet dapat menambah wawasan yang membuat dirinya terlepas dari bodoh. (baca:mendapat beragam pertimbangan dari internet sehingga hidup dapat menjadi lebih bijaksana) – bahagia.

  3. October 3rd, 2012 at 20:18 | #3

    BEnarr,,,,saya setuju,,,
    tapi tetap juga tergantung si pemakai..

  4. July 7th, 2014 at 18:21 | #4

    hmm internet mungkin merupakan sebuah perpustakaan interaktif raksasa yang memungkinkan kita memenuhi semua hasrat ingin tahu kita mulai dari positif sampai negatif seperti pornografi, scam, dll.

    Namun toh bila ditelaah lebih jauh internet tersebut sebenarnya tidak lebih dari simulakrum hidup kita sendiri yang memang sangat kompleks dan tersusun dari banyak titik dan jaringan secara fisik dan juga niat, pikiran, dan prasangka yang terejawatah dalam tindakan fisik.

    jadi sebenarnya bodoh atau tidaknya kita lewat internet sangat relatif seperti dikotomi “pintar” dan “bodoh” itu sendiri. sama seperti memahami hidup kita yang dikendalikan oleh tujuan, maka manfaat dari internet pun ditentukan oleh tujuan dan ide dari para penjelajahnya.

Silakan Beri Komentar